Semua

Mengenal Operasi Plastik Dan Berbagai Risikonya

Spread the love

Tinggal di Indonesia dengan kekayaan budaya dan kepercayaan ternyata membuat beberapa hal menjadi cukup tabu dan banyak diperdebatkan. Salah satu hal yang cukup tabu untuk diperbincangkan di depan publik adalah perihal operasi plastik.

Mendengar kata operasi plastik saja sudah banyak pro dan kontra. Namun hal tersebut akan berbeda jika di negara lain seperti Korea. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya agen operasi plastik seperti korean premium plastic surgery dan tempat operasi plastik terbaik di Korea.

Apa Itu Operasi Plastik?

Operasi plastik sampai saat ini memang selalu menjadi pro dan kontra. Banyak yang membenci atau menghujat, namun tak sedikit pula orang yang suka atau bahkan cinta dengan teknologi yang satu ini. Operasi plastik identik dengan kecantikan, namun apakah benar dan apa itu operasi plastik yang sesungguhnya?

Operasi plastik merupakan sebuah cara untuk mengubah sebuah penampilan seseorang atau memperbaiki penampilan seseorang. Untuk orang awam, operasi plastik sering dikira operasi menggunakan bahan plastik, padahal hal tersebut tidaklah benar.

Kata plastik itu sendiri muncul berasal dari bahasa Yunani dari “plastikos” yang artinya adalah untuk membentuk. Sehingga secara umum dapat diartikan bahwa operasi plastik merupakan tindakan medis yang bertujuan untuk mengubah bentuk atau memperbaiki fungsi dari tubuh tersebut.

Risiko Operasi Plastik

Setiap tindakan medis pasti memiliki risiko tak terkecuali dengan operasi plastik. Jika tidak dilakukan dengan hati-hati, operasi plastik dapat menyebabkan beberapa risiko atau dampak negatif. Berikut adalah beberapa risiko dari operasi plastik:

  1. Kerusakan pada syaraf

Setiap bentuk operasi pasti memiliki risiko kerusakan pada syaraf. Operasi plastik juga berisiko mendatangkan kerusakan pada syaraf terutama pada syaraf muka karena sebagian besar operasi plastik dilakukan di area muka.

Kerusakan syaraf pada muka diantaranya dapat terlihat pada ekspresi wajah. Jika syaraf muka rusak, maka akan sulit mengeluarkan ekspresi. Kerusakan syaraf akibat operasi plastik dapat menjadi kerusakan permanen namun ada juga yang bisa disembuhkan.

  1. Adanya jaringan parut

Siapa sangka jika operasi plastik ternyata mampu memberikan risiko adanya jaringan parut. Jaringan parut yang terbentuk karena operasi plastik ini dapat menghilangkan nilai estetika.

Namun tenang saja karena ternyata risiko jaringan parut dapat di minimalisir dengan tidak merokok setelah operasi, mengkonsumsi makanan sehat, serta yang tak kalah penting adalah lakukan operasi di tempat terbaik seperti tempat operasi plastik terbaik di Korea.

Temukan Artikel : Memahami Pengertian Fungsi Dan Kegunaan Tali

  1. Terjadi infeksi

Risiko lainnya dari tindakan operasi plastik yang dilakukan adalah dapat menyebabkan infeksi. Hal ini tentu saja bisa terjadi, terlebih jika tindakan operasi tidak dilakukan secara hati-hati dan dengan alat yang proper. Infeksi yang ditimbulkan setelah tindakan operasi dapat menjadi penyebab munculnya penyakit-penyakit lain.

  1. Pendarahan

Risiko berikutnya yang dapat ditimbulkan dari upaya operasi plastik adalah risiko pendarahan. Pendarahan disini dapat dibagi menjadi dua golongan yakni pendarahan berat dan pendarahan ringan.

Jika pendarahan ringan mungkin dapat dengan mudah diatasi, namun untuk pendarahan yang berat hal ini cukup mengkhawatirkan. Walaupun operasi plastik bukanlah operasi yang berat seperti operasi jantung, namun risiko pendarahan tetap mungkin terjadi jika upaya operasi tidak dilakukan dengan hati-hati.

  1. Kegagalan operasi

Kegagalan dalam operasi plastik juga menjadi salah satu risiko yang banyak ditakutkan atau dikhawatirkan. Kegagalan dalam operasi plastik tentu akan sangat merugikan pasien tersebut. Bukan hanya kerugian secara material saja namun juga kerugian secara non material.

Kerugian secara material sudah jelas bahwa operasi plastik tidaklah murah, jika operasi mengalami kegagalan maka sudah pasti pasien tersebut akan kehilangan banyak uang namun tidak ada hasil yang sesuai dengan apa yang diharapkan.

Kerugian secara non material banyak juga macamnya. Misalnya kerugian dari segi mental. Ketika melakukan operasi plastik, pasti harapannya dapat menghasilkan hasil yang baik yang dapat meningkatkan kepercayaan diri, namun jika operasi tersebut gagal maka yang akan terjadi adalah sebaliknya. Macam dari kerugian non material ini masih sangat beragam, setiap orang mungkin akan berbeda-beda.

Demikian adalah beberapa risiko dari operasi plastik. Risiko-risiko tersebut tentu dapat di minimalisir jika operasi di lakukan di tempat terbaik seperti tempat operasi plastik terbaik di Korea yang sudah berpengalaman dan profesional.